Bore Up - Tune Up Harian Supra Fit 2006
1/30/2015
1. Tahapan awal untuk korek harian adalah dengan menaikan cc atau bahasa kerennya bore up. Menggelembungkan perut isi silender dari bawaan pabrik 99 cc menjadi 115 cc dimulai dengan mengganti liner atau boring. Dengan liner yang besar tentunya piston bawaan yang berukuran 50 mili harus diganti dengan ukuran 54,5 mili agar menghasilkan tenaga 115 cc. Urusan klep masih bisa menggunakan yang orisinil. Hanya untuk per klep bisa memakai kepunyaan Smash, dua buah. Agar tidak banyak mengeluarkan uang, karburator pun tidak usah diganti. Cukup mengganti pilot jet dari 38 jadi 40. Main jet pun sama, dari bawaan asli 70 diganti dengan 75.
2. Menaikan kompresi wajib hukumnya. Dengan memapas silinder head dari ukuran 0.5 mili dibuat squis 100 , akan menaikan kompresi hingga 11,5 berbanding 1. Konsekuensi dengan naiknya kompresi, membuat bahan bakar motor Bikes tidak bisa menggunakan premium, tapi harus pertamax. Karena jika memakai premium yang memiliki oktan kecil, akan membuat mesin menggelitik.
3. Di bagian pengapian, Kamu harus mengganti tipe busi dengan tipe iradium seperti NGK atau Denso.
4. Sebenarnya tidak masalah jika Kamu menggunakan knalpot bawaan. Tapi bila menginginkan tarikan yahud, knalpot free flow seperti AHRS, SND atau HRP bisa diterapkan di motormu.
5. Fase berikutnya adalah final gear. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi korek harian bisa mengambil ukuran 14-3
0 Comments
Catatan : Berikan komentar sewajarnya, cermin seseorang dapat dilihat dari ucapannya.