Iran Siap Berangkatkan Dua Kapal, Jerman Desak Israel Hapus Blokade

6/20/2010


Bola salju terus berputar. Wacana penghapusan blokade Gaza yang digulirkan melalui Armada Kebebasan sebagai gong awal kini terus meluas. Meskipun Armada Kebebaasan sendiri tidak berhasil masuk ke Palestina karena dihadang Israel, kini semakin banyak negara yang mengetahui kondisi riil Gaza dan berempati.

Selain Libanon yang kapalnya kini menuju Gaza, Iran akan segera mengirimkan dua kapal bantuan ke Gaza. Sedangkan Jerman ikut mendesak Israel agar menghapus blokade yang selama ini memenjarakan rakyat Gaza.

Pejabat Bulan Sabit Merah Iran dalam sebuah laporan, Ahad kemarin (19/06) mengatakan dua kapal yang ditangani kelompok kemanusiaan telah siap dan menunggu persetujuan kementerian luar negeri untuk bertolak ke Gaza. 100 ribu warga telah mendaftar untuk ikut misi kemanusiaan itu.

"Kami siap tetapi masih menunggu izin kementerian luar negeri bagi kondisi politik, militer dan keamanan di kawasan itu," kata Mojtaba Majd, pejabat senior Bulan Sabit Merah.

Sementara parlemen Jerman membahas mosi pemerintah yang mendesak negara teroris Israel agar mengakhiri blokade lautnya terhadap Jalur Gaza. Mosi Pemerintah Jerman tersebut meminta Tel Aviv agar mengizinkan misi bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina masuk ke Jalur Gaza lewat laut. "Kondisi kehidupan penduduk sipil di Gaza mutlak segera diperbaiki," sebut mosi Pemerintah Jerman itu. [AN]

3 Comments

  1. siapa sih yang ngga jera kalo israel udah semena-mena. semua negara pastinya punya srek unbtuk melakukan sesuatu tehadap Israel

    BalasHapus

Catatan : Berikan komentar sewajarnya, cermin seseorang dapat dilihat dari ucapannya.